Home
Lomba Pembuatan Cd Interaktif (multimedia)
Date : 09/09/2008
A. RasionalPerubahan merupakan proses abadi dalam setiap aspek kehidupan manusia yang tentunya diharapkan membawa kehidupan yang lebih baik. Dalam bidang pendidikan perubahan yang dimaksud berkaitan dengan inovasi pembelajaran. Berbagai kemajuan telah dilakukan dan dirasakan seluruh insan pendidikan terutama dalam bidang komunikasi dan informasi yang merambah kepada penerapan media pembelajaran di sekolah. Adanya inovasi penerapan media pembelajaran yang lebih modern telah membawa napas kehidupan baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Dampak yang lebih utama dengan inovasi-inovasi media pembelajaran adalah adanya kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kemudahan bagi siswa menyerap materi pelajaran.

Media pembelajaran dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran harus memenuhi syarat yang memadai, yaitu mampu meningkatkan motivasi pembelajaran, terjangkau, praktis dan mudah dipergunakan, merangsang dan menarik perhatian siswa, serta memiliki kemampuan dalam memberikan tanggapan, umpan balik termasuk mendorong siswa melakukan praktek-praktek pembelajaran dengan benar. Bentuk media pembelajaran yang diharapkan adalah CD interaktif (multimedia) untuk pembelajaran mandiri dengan menggunakan teknologi komputer yang mampu menyajikan hubungan atau interaksi manusia, realita, gambar bergerak atau diam, tulisan dan suara yang direkam. Namun demikian tidak mudah bagi seorang guru menyajikan kelima bentuk stimulus pembelajaran tersebut, sehingga perlu kompetensi khusus untuk lebih menguasainya.

Menyikapi kondisi demikian untuk lebih memantapkan tugas pokok dan fungsinya, LPMP Jawa Tengah bermaksud menyelenggarakan lomba pembuatan CD interaktif (multimedia) untuk pembelajaran mandiri bagi siswa dengan sasaran peserta guru TK/RA/SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK (negeri maupun swasta) bersifat perorangan. CD interaktif tersebut merupakan bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan software aplikasi (Powerpoint, Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Fox Pro dll.) dan/atau bahasa pemograman (Visual Basic, Clipper dll.).

B. Persyaratan Karya
1. Mencantumkan kurikulum yang dipergunakan, sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan petunjuk penggunakan program.
2. Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran TK/RA/SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK.
3. Disajikan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali Mata Pelajaran Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris.
4. Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program dalam 2 bentuk sajian, yaitu print out dan CD.
5. Karya original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
6. Apabila dalam pembuatan media, peserta mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
7. Bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba, apabila memenuhi kriteria kelayakan dan mendapat panggilan untuk presentasi, maka bahan ajar tersebut menjadi hak miliki LPMP Jawa Tengah.

C. Desain CD Interaktif (Multimedia)
1. Judul
2. Tujuan Pembelajaran
3. Apersepsi
4. Uraian yang komunikatif
5. Contoh, analogi atau ilustrasi, serta simulasi yang relevan dan kontekstual
6. Latihan, tes, dan umpan balik korektif secara kreatif
7. Relevansi dan konsistensi antara latihan/tes dan materi dengan tujuan pembelajaran
8. Interaktivitas
9. Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan multimedia pembelajaran
10. Mudah dipergunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya (usabilitas)
11. Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/toll untuk pengembangan

D. Pendaftaran
1. Mengisi formulir yang telah disediakan LPMP Jawa Tengah melalui Ruang Teknologi Informatika atau melalui Website LPMP Jawa Tengah.
2. Persyaratan karya disertakan dalam amplop ukuran follio, ditujukan kepada Panitia Lomba Pembuatan CD interaktif (multimedia) untuk pembelajaran mandiri bagi siswa d.a. Ruang Teknologi Informatika LPMP Jawa Tengah, Jln. Kyai Maja Srondol Kulon Semarang Kode Pos 50263
3. Formulir pendaftaran dan persyaratan lomba diantar langsung atau dikirim melalui pos ke panitia lomba.
4. Pendaftaran gratis, tanpa dipungut biaya apapun.
5. Pendaftaran dan pengiriman naskah paling lambat tanggal 10 Nopember 2008
6. Peserta juara (1,2, dan 3) lomba tahun 2007 dan Juara Nasional tidak diperkenankan mengikuti kembali (lomba Multimedia).

E. Kegiatan Lomba
1. Peserta yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lomba akan dipanggil LPMP Jawa Tengah tanggal 25 s.d. 26 Nopember 2008, untuk mempresentasikan bahan ajarnya.
2. Peserta yang lolos seleksi administrasi datang dengan membawa surat tugas, dari Sekolah atau Dinas
3. Apabila perlu menggunakan software khusus diperbolehkan membawa sendiri.
4. Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan.
5. Biaya akomodasi dan konsumsi selama di LPMP Jawa Tengah ditanggung oleh Panitia Penyelenggara (LPMP Jawa Tengah).
6. Ketentuan/keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

H. HADIAH

JENJANG TK/RA/SD/MI
Juara I Rp. 2.000.000,- + LAPTOP ACER
Juara II Rp. 1.500.000,- + LAPTOP ACER
Juara III Rp. 1.000.000,- + LAPTOP ACER
JENJANG SMP/MTs, SMA/MA/SMK
Juara I Rp. 2.000.000,- + LAPTOP ACER
Juara II Rp. 1.500.000,- + LAPTOP ACER
Juara III Rp. 1.000.000,- + LAPTOP ACER

Plus Piala Kepala LPMP Jawa Tengah dan Sertifikat

SEKRETARIAT LOMBA

RUANG TEKNOLOGI INFORMATIKA

Gedung B Lantai 1

LPMP Jawa Tengah

Jln. Kyai Maja Srondol Kulon Semarang 50263

Tlp. 024-7474192 pes. 121, Fax 024-7479261

KONTAK: YULI HARYANTO(08157704600) www.yuliharyanto.wordpress.com

FORMULIR

Tinggalkan komentar